sepi ing pamrih rame ing gawe

July 30, 2009

Microsoft-Yahoo Bersekutu Gempur Google

Microsoft akhirnya berhasil meluluhkan hati Yahoo untuk menyerahkan kendali atas mesin pencarinya dan bersama-sama menghimpun kekuatan untuk menggempur raksasa Google.

Tentu saja kesepakatan 10 tahun dengan Yahoo ini akan memberi suntikan tenaga baru bagi Microsoft untuk memuluskan ambisinya mengalahkan Google di pasar mesin pencari.

Segenggam asa pun digantungkan kedua perusahaan tersebut. Dengan Yahoo di sisinya, Microsoft berharap bisa lebih tenang menggenjot Bing, mesin pencari barunya untuk mengejar ketertinggalannya dari Google, yang menguasai sekitar 65 persen pangsa pasar di Amerika Serikat.

Sementara Microsoft berkonsentrasi pada perang situs pencarian, Yahoo diharapkan mampu membuyarkan konsentrasi Google dalam penjualan iklan di Web.

"Kesepakatan ini datang menawarkan sejuta nilai untuk Yahoo, user kami dan juga industri," ujar Carol Bartz, chief executive Yahoo.

Tentu saja yang tak kalah girang dengan kesepakatan ini adalah CEO Microsoft, Steve Ballmer. "Aku sangat bersemangat. Ini telah aku katakan sejak 18 bulan lalu. Konsumen, pengiklan dan publisher akan mendapat layanan yang lebih baik, dan tentunya akan ada kompetisi yang lebih menantang bagi Google jika Microsoft dan yahoo bersekutu di mesin pencari."

Regulator antimonopoli akan meninjau kesepakatan kedua perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa kesepakatan ini tidak akan melukai kompetisi.

"Sementara Microsoft dan Yahoo menunggu persetujuan dari pemerintah tentang kesepakatan mereka, kemungkinan Google akan terus meningkatkan performa mesin pencarinya," ujar Danny Sullivan, editor SearchEngineLand.

Sepertinya pertarungan antar raksasa itu akan semakin panas. Apalagi saat ini Google tengah menyiapkan sistem operasi untuk PC, yang dapat mengancam eksistensi Windows Microsoft.

Seperti dikutip detikINET dari News Yahoo, Kamis (30/7/2009), Sullivan mengklaim Google sangat paranoid dengan Microsoft. "Mereka selalu menebak-nebak 'monster' apa lagi yang sedang disiapkan Microsoft untuk masa depan," ujarnya.

Dikutip dari detikinet.com

2 comments:

Anonymous said...

haduh, saingan terus...

mbok sekali - sekali kerjasama gitchu

Mochamad Eka Pramudita said...

Lek gag ada persaingan jadi gag ada perkembangan . .

Post a Comment